หน้าหลัก Sunday Insurance Indonesia articles Segini Estimasi Biaya Operasi Batu Empedu di Rumah Sakit.

Segini Estimasi Biaya Operasi Batu Empedu di Rumah Sakit.

Biaya operasi batu empedu cukup tinggi, mulai dari Rp9 jutaan.

Pasien yang menderita batu empedu akan direkomendasikan untuk melakukan operasi sebagai upaya pengobatan. Tapi, sebelum operasi dilakukan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk mempersiapkan dana untuk biaya operasi batu empedu.

Nah, kira-kira berapa dana yang diperlukan dan apakah operasi ini bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan? Simak informasinya di artikel ini, ya!

Apa Itu Operasi Batu Empedu? 

Operasi batu empedu adalah prosedur pengobatan untuk menghilangkan kantung empedu yang mengandung batu empedu. Menurut Mayo Clinic, kantong empedu adalah organ berbentuk buah pir yang terletak tepat di bawah hati di sisi kanan atas perut. 

Kantung empedu ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan cairan pencernaan yang dibuat di hati. Cairan ini sering juga disebut empedu.

Batu empedu terbentuk waktu cairan empedu mengeras sampai menjadi batu. Nah, pengerasan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kadar kolesterol yang tinggi, infeksi saluran empedu, dan gangguan pada darah. 

Kapan Harus Operasi Batu Empedu? 

Penyakit batu empedu tidak harus selalu diobati dengan operasi. Biasanya, kalau gejalanya tidak parah dan tidak menyebabkan komplikasi, maka batu empedu ini boleh dibiarkan saja. 

Tapi, menurut Medical News Today, terkadang ada kondisi dimana batu empedu yang menumpuk menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan organ lain. Dalam kondisi ini, operasi harus segera dilakukan supaya tidak membahayakan sang pasien.

Ada beberapa tanda atau ciri-ciri gejala yang menunjukkan bahwa batu empedu sudah menyebabkan komplikasi bagi organ tubuh lainnya. Berikut ini tanda-tanda tersebut: 

  • Nyeri parah di perut bagian atas, khususnya setiap habis makan. 
  • Nyeri mendadak yang bisa berlangsung sampai beberapa jam. 
  • Mual dan muntah setiap kali habis makan. 
  • Kulit dan mata berubah menjadi kuning, menunjukkan tanda-tanda penyakit kuning. 
  • Urin berubah warna menjadi gelap dan tinja berwarna terang. 
  • Demam tinggi berkepanjangan. 

Prosedur Operasi Batu Empedu. 

Sebelum menjalankan operasi batu empedu, kamu perlu tahu dulu seperti apa prosedurnya supaya bisa mempersiapkan diri dengan baik. Umumnya, operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil.

Nah, dari sayatan tersebut, dokter akan memasukkan kamera kecil dan alat khusus untuk melihat bagian dalam perut dan mengeluarkan kantong empedu yang dipenuhi batu empedu. Proses pemasukkan alat dan kamera ini disebut laparoskopi. 

Proses operasi ini cenderung cepat dan pasien tidak perlu dirawat inap. Tapi, terkadang ada juga proses pengangkatan batu empedu dengan membuat sayatan besar. Untuk sayatan yang lebih besar, proses pemulihan akan lebih lama. 

Kisaran Biaya Operasi Batu Empedu. 

Sekarang, kamu sudah tahu seperti apa proses menjalankan operasi batu empedu. Sekarang saatnya untuk mengetahui estimasi biayanya supaya kamu bisa mempersiapkan dana yang memadai. 

1. Biaya Operasi Batu Empedu Pakai BPJS. 

Untungnya, saat ini biaya operasi batu empedu bisa ditanggung pakai BPJS Kesehatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014, disebutkan apa saja jenis operasi yang akan ditanggung oleh BPJS, salah satunya operasi batu empedu. 

Jadi, kalau memakai BPJS, kamu akan bebas dari biaya apapun alias gratis. Tapi, pastikan bahwa kepesertaan BPJS milikmu masih aktif, ya. Kalau pernah tidak membayar iuran dan keanggotaan BPJS jadi tidak aktif, maka tidak bisa dipakai untuk berobat. 

2. Biaya Operasi Batu Empedu Tanpa BPJS. 

Bagaimana kalau tidak memiliki BPJS? Kamu bisa menanggung biaya operasi ini sendiri. Sebenarnya, setiap rumah sakit menetapkan tarif operasi yang berbeda-beda. Selain itu, lokasi tempat kamu melakukan operasi juga akan mempengaruhi harga operasinya.

Biasanya, operasi yang dilakukan di kota besar cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Sebagai referensi, berikut ini kisaran biaya operasi batu empedu di rumah sakit di Jakarta dan Bali. 

Rumah SakitHarga
Rumah Sakit Premier JatinegaraRp23.000.000
Siloam Hospitals TB SimatupangRp38.000.000
Rumah Sakit Grha Bhakti MedikaRp9.680.000

3. Biaya Operasi Batu Empedu dengan Asuransi Kesehatan. 

Selain dengan BPJS, kamu juga bisa memakai asuransi kesehatan untuk menanggung biaya operasi batu empedu. Asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya operasi, sehingga kamu bisa melakukan operasi secara gratis. 

Bukan cuma biaya operasinya saja, asuransi umumnya juga akan menanggung biaya konsultasi dokter, biaya obat-obatan, biaya rawat inap, rawat jalan, dan biaya administrasi lainnya.

Akhir Kata. 

Jadi, itulah estimasi biaya operasi batu empedu di rumah sakit. Bisa dibilang, biayanya cukup tinggi. Supaya lebih ringan, kamu bisa mengandalkan BPJS ataupun asuransi kesehatan.  Sebagai bentuk persiapan, kamu bisa mendaftar ke asuransi kesehatan dari sekarang. 

Kalau kamu butuh informasi lebih banyak tentang asuransi maupun finansial, coba baca artikel Sunday lainnya dan temukan jawaban atas pertanyaanmu!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Penulis: Leah Huang

Editor: Rifda Aufa Putri

Loading

Share this article
Shareable URL
อ่านบทความที่เกี่ยวข้อง
0
Share